Tag

, , , , , , ,

GerundKata dalam bahasa Inggris berasal dari istilah Latin gerundium, dari arti yang sama. Gerundium sendiri berasal dari gerund dari kata kerja Latin Gero, gerundus, yang berarti “harus dilakukan”.

Gerund adalah kata benda yang berasal dari kata kerja ditambah –ing, misalnya swimming, eating, fishing, shopping, dancing, dan singing. Bila diperhatikan, gerund mempunyai bentuk yang sama dengan present participle, bedanya gerund berfungsi sebagai kata benda, sedangkan present participle sebagai kata sifat yang menerangkan kata benda.

Dalam bahasa Inggris, gerund identik dalam bentuk ke present participle (berakhiran-ing) dan dapat berperilaku sebagai kata kerja dalam ayat (sehingga dapat dimodifikasi oleh adverb atau objek), tetapi klausa secara keseluruhan (kadang-kadang terdiri dari hanya satu kata, yang gerund sendiri) bertindak sebagai kata benda dalam kalimat yang lebih besar. Sebagai contoh: Makan kue ini sangat mudah.

Dalam “Makan kue ini mudah,” “makan kue ini,” walaupun secara tradisional dikenal sebagai sebuah ungkapan, yang disebut sebagai klausa non-hingga dalam linguistik modern.”Makan” adalah kata kerja dalam klausa, sementara “kue ini” adalah objek dari kata kerja.”Makan kue ini” bertindak sebagai frase kata benda dalam kalimat secara keseluruhan, meskipun, subjek kalimat adalah klausa non-terbatas, khususnya makan.

Dalam kalimat, gerund berfungsi sebagai:
a. subjek (subject)
b. pelengkap subjek (subjective complement)
c. objek langsung (direct object)
d. objek preposisi (object of preposition)
e. aposisi (appositive)