Haruskah kutangisi perjalanan cinta ini? akankan kupenuhi dengan air mata? darimana harus kukatakan jika cinta itu adalah perjuangan, bila tak mengerti arti pengorbanan. akankah semua ini menjadi asa bagiku, meski tak ada perjuangan yang menjadi sia.

Haruskah kubenarkan apa yang pujangga mengatakan bahwa cinta adalah anugrah, bila tak kurasakan penyesalan dalam langkah ini. akankah semua menganggap semuanya adalah kebohongan belaka.

Asa ataupun sia apapun itu yang pasti timbul dalam langkah perjalanan ini. akan tetapi cinta tak mungkin tumbuh dengan keputusasaan. dan cinta tumbuh dengan harapan. tak harus tumbuh dengan keputusasaan. jua tak ada penyesalan dalam cinta. tak akan timbul kesia-siaan dalam cinta. dan tak akan ada langkah perjalanan yang sia-sia.

Kau mungkin tak akan memahami apa yang kurasa dan apa yang kaurasa, dan kau jua tak akan memahami kaki mana yang kulangkahkan dan kaki mana yang kau langkahkan. kau tak akan memahami rasaku dan kau jua tak akan mengatahui yang kau rasa. kau tak akan mengetahui apa yang ku inginkan dan kau juga tak akan mengetahui apa yang kau inginkan.

Itulah cinta yang sebenarnya. bukan cinta yang kau inginkan. karena cinta tak timbul karena keinginan. dan cinta tumbuh dengan sempurna. tak akan ada yang tahu kapan cinta itu tumbuh dan kapan cinta itu subur. rasamu dan rasaku pun tak mampu melampauinya. akalmu akalku tak akan sampai memikirkannya. dan cinta tumbuh dengan sendirinya.

Siapa yang kau sayangi dan siapa yang kusayangi tak dapat disubutkan. karena cinta bukan kata-kata. siapa yang kau benci dan siapa yang ku benci tak akan dapat ditemukan. karena benci bukan penampakan. dua alam yang saling beriringan yang tak akan dapat kau pahami.

Pahamilah cinta dengan cinta. jangan pernah kau coba pahami cinta dengan kebencian. cinta tak tumbuh dengan dasar benci. benci tak tumbuh jua dengan dasaar cinta.

Pandanglah rasa dengan rasa. karena rasa tak timbul karena akal. dan akal tak akan tumbuh karena rasa

Adalah sebuah teka-teki cinta yang tak akan dapat dipahami, dimengerti, dan dilihat oleh manusia. karena cinta hanya mampu dirasakan dengan cinta.