Tag

, , ,

Rabu tanggal 19 Oktober 2011 adalah moment perawat untuk melaksanakan uji kompetensi untuk mendapatkan Surat Ijin Praktek (SIP) diwilayah naungan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Timur. Hari itu dimanfaatkan bagi perawat yang belum memiliki SIP tentunya mendaftarkan diri untuk mengikuti uji kompetensi tersebut. Dalam hal ini sangat dipertaruhkan kompetensi perawat sebagai profesi profesional. namun suasana yang tak lagi menunjukkan keprofesianalan seorang perawat dalamm uji kompetensi yakni dengan tidak percaya diri mengerjakan uji kompetensi dengan saling membantu. meski demikian dianggap sebagai hal yang biasa.

Telah nyata ditunjukkan betapa profesi keperawatan tidak mampu menjadi tenaga profesional dengan tidak memiliki payung hukum yang jelas, bahkan sudah sekian lama pula Rancangan Undang-undang Keperawatan (RUUK) tak kunjung di sahkan menjadi UU. hal ini telah nyata ditunjukkan bbahwa perawat tidak mampu mendapat beban profesional layaknya seorang dokter. bahkan sebagai pengganti dokter-pun tidak layak. meskipun dalam hal ini perawat disbut-sebut sebagai tim dengan dokter ataupun tim medis lain, namun profesional keperawatan belum menunjukkan hal tersebut kepada masyarakat, bahkan tidak asing masyarakat yang kurang paham memanggil perawat dengan sebutan dokter. sedang perawat tersebut juga banyak yang hanya diam dan mengangguk seraya dirinya seorang dokter. meski tak jarang pula nampak perawat yang dipanggil dengan sebutan dokter dirinya enggan menerimanya dan menjelaskan bahwa dirinya seorang perawat. namun demmikian masyarakat masih belum bisa menerima profesional keperawatan, karena dimata mereka hanya ada dokter. lalu sampai kapan profesional keperawatan akan tetap berjalan dibelakang kedokteran? untuk apa pula mempelajari berbagai macam pelajaran kesehatan (Medis) sedang perawat tidak berwenang melakukannya.

Hal itulah yang menunjukkan bahwa profesional keperawatan tidak di akui masyarakat. Dan masih banyak lagi kekurangan yang harus kita benahi menuju profesinal keperawatan yang sesungguhnya. Good Luck Ners……….