28 Oktober adalah hari sumpah pemuda. semua orang Indonesia juga pasti tahu itu. namun apakah mereka tahu bagaimana memperjuangkan sumpah pemuda, berikut sepenggal sejarah sumpah pemuda yang saya dapatkan dari situs sumpahpemuda.org dan wikipedia.org :

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.(http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda)

berikut teks sumpah pemuda yang saya dapatkan dari http://sumpahpemuda.org/ :

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA

Ketiga :
– KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928

Teks Soempah Pemoeda dibacakan pada waktu Kongres Pemoeda yang diadakan di
Waltervreden (sekarang Jakarta) pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928 1928.

Sedikit paparan sejarah sumpah pemuda diatas tidak hanya dijadikan sebagai sejarah yang hanya dibacakan ataupun dijadikan dongeng sebelum tidur. Sejarah para pahlawan harusnya dijadikan sebagai cermin untuk berkaca. meski dahulu pahlawan berjuang dengan perang melawan para penjajah. apa yang harus kita lawan saat ini..? musuh seperti apakah yang harus kita lawan..?