Saat ini printer adalah hal pokok kedua bagi officer setelah perangkat komputer, karena begitu pentingnya printer dalam segala hal penyelesaian pekerjaan, maka jika printer bermasalah akan sangat mengganggu pekerjaan kita. oleh karena itu sahabat LengQ tidak usah khawatir jika mengetahui prinsip kerja printer:

Berikut saya akan mencoba memberikan Tips agar printer tidak mudah macet…

  1. Yang perlu diketahui adalah metode pengisian tinta. hingga saat ini ada dua metode pengisian tinta printer, yakni dengan metode infus dan metode manual yakni injeksi. Mari kita bahas satu persatu:
    1. Metode infus. Keunggulan metode ini adalah kita tidak perlu repot mengisi dengan cara manual, kita hanya melihat tabung infus. Jika habis ya tinggal diisi saja. Akan tetapi masalah yang sering muncul adalah pada selang infus terdapat udara yang menyebabkan tinta tidak masuk ke catride, sering kita sebut masuk angin. Di awal tidak menjadi masalah, namun jika tidak segera di resppon maka akan menyebabkan kemacetan yang dikarenakan tinta di dalam catride sudah habis terpakai.
    2. Metode manual. Yakni dengan cara menginjeksikan langsung pada catride. Hal semacam ini sangat beresiko, mengapa demikian? Karena catride sering di bongkar pasang sehingga jika tidak hati-hati atau tledor maka akan menggores kuningan (bagian yang menghubungkan catride dengan printer) serta lubang pengeluaran tinta. Jika hal itu terjadi maka  catride akan rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Tanda-tandanya biasanya adalah kemacetan maupun kebocoran tinta.
  2. Berikutnya yang harus kita pahami adalah pengeluaran/pembuangan tinta. Hal ini perlu dipahami karena jika pembuangan tinta tidak di perhatikan maka akan mengotori dalamnya printer hingga terjadi rembesan maupun konsleting jika rembesan hingga ke maindboard printer. Maka dari itu pembuangan harus diperhatikan.

Demikian hal-hal yang sangat perlu diperhatikan saat memiliki printer sendiri dirumah. semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan