Melanjutkan postingan saya “memahami printer” maka saya akan mencoba membahasnya lebih dalam dengan Tips-Tips Memiliki printer sendiri dirumah. Berikut ini saya akan mencoba memberikan Tips agar printer tidak macet.

Sebenarnya tidaklah susah merawat printer sendiri, karena jika sudah memahami prinsip kerja printer maka akan mudah merawat printer sendiri. Berikut ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana merawat printer yang terpasang infus:

  1. Buka tutup kecil pada tabung saat sebelum printer dinyakalan (ON), dan tutup kembali setelah printer dimatikan (OFF). Saat printer dinyalakan maka printer akan menjalankan proses head cleaning dan hal tersebut menyedot tinta dari tabung tinta. Jika tabung ditutup, maka akan menjadi kedap udara dan tinta tidak dapat tertarik, sehingga menganggu proses cleaning dan dapat menimbulakanmasuk angin. Saat dimatikan tabung ditutup agar tidak terdapat dorongan udara kedalam catrid yang menyebabkan kebocoran dan juga dapat menyebabkan masuk angin.
  2. Untuk printer canon/epson posisi tabung sejajar dengan printer. Posisi sejajar adalah prinsip air mengalir, jika posisi tabung lebih tinggi maka tinta akan mengalir lebih deras dan mengakibatkan kebocoran. Dan jika posisi lebih rendah maka catride akan bekerja lebih keras dan mengakibatkan daya tarik tinta melemah  “merusak catride”.
  3. Hidupkan printer lebih dari 15 menit setiap hari untuk perawatan mesin printer dan tidak mengakibatkan endapan pada head catride.
  4. Kondisi tinta pada tabung tidak boleh sampai kehabisan, harus segera diisi supaya selang infus tidak kemasukan udara.
  5. Cara pengisian tinta pada tabungl:
    1. Kondisi printer harus mati.
    2. Buka semua tutup tabung, tutup kecil dan tutup besar.
  6. Tinta diisikan pada lubang yang besar.

Artikel Terkait :

Memahami Printer —-