Setelah tips perawatan printer, satu lagi tips dari saya yakni tips memilih tinta printer yang baik. tinta printer merupakan syarat pokok printer dapan mencetak apa yang ingin kita cetak, namun  pemilihan tinta printer yang salah dapat berakibat fatal. dengan pemilihan tinta yang salah akan mengakibatkan head catride dan catride cepat rusak, sehingga kita harus membeli head catrid baru yang harganya hampir separuh harga printernya. oleh karena itu selain perawatan printer harus diperhatikan maka tak kalah pentingnya pemilihan tinta juga harus di perhatikan. berikut Tips memilih tinta yang benar menurut pengalamn saya:

  1. Pilih tinta yang sesuai dengan merek dan seri printer. karena jika tidak sesuai maka akan mengakibatkan kerusakan catride. partikel atom yang dikenali oleh masing-masing catride berbeda. jadi berbeda tipe dan merek maka juga akan membedakan tinta yang harus dipilih.
  2. Pilih tinta yang memiliki kadar keasaman rendah. mungkin ini yang jarang diperhatikan oleh pengguna printer. kadar keasaman tinta yang tinggi mengakibatkan pengendapat pada head catride yang jika menumpuk akan mengakibatkan kemacetan.
  3.  adapun cara yang digunakan untuk menguji keasaman tinta adalah dengan meneteskan tinta pada permukaan air mineral yang tenang. kemudian diperhatikan penyebaran tinta tersebut. jika tinta tidak menyebar ataupun menyebar dengan bentuk tidak beraturan dan tidak menyatu dengan partikel air maka tinta tersebut memiliki keasaman yang tinggi, sedangkan jikalau tinta menyebar membentuk lingkaran penuh serta menyatu dengan partikel air maka tinta tersebut dapat dikatakan baik untuk digunakan, karena memiliki keasaman yang relatif rendah.

Demikian tadi Tips untuk memilih tinta yang baik digunakan untuk printer anda. selamat mencoba dan semoga bermanfaat…..

Artikel Terkait: Memahami Printer, Tips Perawatan Printer Sendiri.